Cacar si Perusak Kulit



Pernahkah kamu merasakan gatal dan muncul bintik-bintik merah di kulit? Perlu diwaspadai bahwa itu bisa menjadi gejala cacar air. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut tentang cacar air!

Cacar air adalah penyakit kulit yang menular. Cacar bisa terjadi karena adanya infeksi sebuah virus pada tubuh manusia. Infeksi tersebut menyebabkan timbul lepuhan berisi air pada kulit.

Cacar termasuk penyakit kuno dan diketahui sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Bukti paling awal virus ini ditemukan pada mumi raja Mesir yang meninggal dunia pada 1157 Sebelum Masehi. Penyakit ini dibawa para pedagang dari Mesir ke India pada milenium pertama Sebelum Masehi. Dari situ cacar menyebar ke China dan akhirnya ke Eropa.

Cacar merupakan penyakit umum sekarang karena sebagian besar masyarakat sudah pernah terinfeksi dan sudah memahami cara menyembuhkan penyakit ini. Sebagian besar yang terkena penyakit ini biasanya anak-anak dengan kisaran usia 15 tahun. Namun, kita perlu memahami lebih dalam tentang penyakit ini.

Gejala penyakit cacar bermacam-macam, yaitu:

-Demam

-Sakit kepala 

-Kehilangan selera makan

-Nyeri otot

-Rasa lelah berlebihan

-Mual

Cara penularan penyakit ini adalah ketika kita berinteraksi dengan orang yang sedang sakit cacar, misalnya bersentuhan. Cacar juga bisa  menular melalui udara saat penderita batuk atau bersin, menggunakan alat makan yang sama dengan penderita seperti sendok makan atau botol minum.

Setelah mengetahui cara penularan cacar, kita harus memahami bagaimana cara mencegah penyakit tersebut. Cara pencegahan yang benar sebelum terkena cacar yaitu:

-Menerima imunisasi varisela atau vaksin cacar.

-Menghindari kontak dengan orang sedang yang terkena cacar air.

-Kurangi kontak dengan orang sekitar karena dapat menular melalui udara.

Selain itu, ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan cacar, beberapa diantara nya adalah analgesik, antihivirus, antihistamin.



Video Campaign: 

https://drive.google.com/file/d/1UTTDS58td8aKDzcHmLQSfNF8YV9T7pV8/view?usp=drivesdk




Komentar